Tuesday, August 26, 2008

WIKONOMY

Barangkali Gooogle bukanlah satu-satunya penguasa yang harus kita cintai atau takuti saat ini. Terlepas dengan kehebatan yang dimilikinya, Wikipedia sedang menunggu yntuk masuk dalam pertempuran ekonomi selain kedua penguasa yang telah saya sebutkan. Wiki akan menjadi entitas atau penguasa yang sebentar lagi kita cintai dan kemungkinan kita benci kalau berbuat terlalu jauh (cross the line)

Sejarah akan berulang. Wiki akan menjadi penguasa ekonomi berikutnya dalam merebut banyak hati dalam seluruh dunia. Wekipedia akan menjadi sangat berkuasa dan kuat karena mampu menyediakan akses informasi yang akurat yag tadinya sulit diperoleh. Akan tetapi, penguasa yang satu ini tidak seperti dua penguasa sebelumnya. Mengapa? Karena penguasa ekonomi ini menjalankan kekuasaannya secara demokratis. Artinya, "Oleh Rakyat, Dari Rakyat dan Untuk Rakyar" tampa ada ambisi UUD (baca : Ujung-Ujungnya Duit). Namun jangan Anda berpikir ini semua adalah amal kebajikan (Kita akan lihat, siapa pun yang menyimpang dari tujuan asal dan terlalu croos the line akan mengalami hasil yang tragi, apalagi jika dilakukan bukan demi kepentingan rakyat: dari, oleh dan untuk rakyat).

Hal yang sedang terjadi sekarang adalah Wikipidia merasukan rasa takut pada saat meka masih belia, lain halnya dengan Google dan Microsoft. Wikipidea, sebagai penguasa ekonomi pada era informasi ini, akan bertahan selama bertahun-tahun ke depan. Seberapa besar Wikipedia nantinya? Apakah akan melebihi Google ? Apakah ensiklopedia online yang user-friendly ini akan mengalami nasib yang sama dengan penguasa sebelumnya ? Sebelum Anda bisa menjawabnya, mengapa Anda tidak memanfaatkan sang Wiki sekarang? Siapa tahu Anda mendapatkan sesuatu darinya untuk kepentingan ekonomi Anda!

Sumber : Google PR The Smart Side of Internet Public Relation, Bagaimana Strategi Mengomunikasikan Brand dan Produk Anda dendan Sangat Efektif Melalui Internet, hal 137-138

No comments: