Friday, August 29, 2008

JAWABAN UJIAN MATAKULIAH E-BUSINESS

Jawaban Soal Tipe A :
  • E-Business adalah penggunaan teknologi informasi untuk memudahkan proses bisnis, melakukan e-commerce dan menyediakan kerja sama untuk mendukung komunikasi perusahaan dengan cara penggunaan teknologi internet untuk meningkatkan dan mengubah bentuk proses bisnis utama
  • Komponen E-Business yaitu :
  • 1. Komputer dan alat yang serupa fungsinya
  • 2. Jalur Komunikasi
  • 3. Penyedia jasa Internet
  • 4. Pengunjung Internet (User)
  • 5. Wabsite atau Homepage

  • Portal dapat meningkatkan prokduktivitas pekerja karena portal merupakan lanyanan kehusus yang menyediakan poin inisial entri untuk Web atau data internal perusahaan yang terintegrasi.

Contohnya Yahoo, yang menyediakan direktori informasi pada Internet bersama dengan berita, olah raga, cuaca, direktori telepon, map, game,belanja,e-mail dan layanan lainnya.

  • Pervasive computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi (terutama teknologi komputer) digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas manusia sehari-hari, sehingga kehadirannya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang khusus. Peranannya sangat penting dalam dunia e-bisnis karena merupakan salah satu komponen utama dalam mendukung lancarnya e-bisnis itu sendiri.
  • Arsitektur multi-tier architecture yaitu :Perusahaan bisa menggunakan Internet, internet dan ekstranet dalam menjalankan transaksi e-commerce dengan pelanggan dan pemasok . Untuk mengelola proses bisnis internal, dan untuk bekerjasama dengan pemasok dan mitra bisnis lainya, e-business memerlukan e-commerce seperti halnya manajemen perusahaan memerlukan koordinasi.
Gambar Kemunculan Perusahaan Digital Electronic Business


  • Jawaban Soal Tipe B :
  • Analisis Web site analysis : craiglist.org vs eopinions,co
  • Layanan yang ditawarkan dari kedua site ini sangat berbeda sama sekali.Craigslist lebih mengutamakan banyaknya informasi tentang berbagai produk dan jasa.sementara itu, Epinions lebih mengedepankan analisis tentang suatu produk tertentu.
  • Craliglist memiliki value propostion dalam hal data tentang informasi produk dan jasa yang bersifat global sedangkan Epinions memiliki keunggulan dalam analisis tentang produk dan jasa tertentu.
  • Dalam hal ini, Craiglist lebih berperan sebagai produk komplementer yakni sebagai provider layanan informasi tentang berbagai macam produk dan jasa.sedangkan epinions lebih berperan sebagai partnering yaitu dengan menggunakan usernya sebagai partner dalam operasi bisnisny
  • Perbedaan antar kedua site (Lihat Tabel dibawag ini)


CRAIGLISTS

EPINIONS

Tampilan dan fitur

Sederhana karena hanya berupa list

Lebih dinamis dan interaktif,sama seperti layaknya web

Kualitas informasi

Lengkap karena didukung database yang lengkap

Kurang lengkap karena hanya berisi tentang opini user tentang suatu produk tertentu

Jenis dan tipe informasi

Acak

Lebih terfokus

Biaya operasional

Relative kecil karena perilaku operasiona tidak terlalu rumit

Relative tinggi karena memiliki perilaku operasional yang cukup rumit

Tujuan

Memberikan informasi berbagai macam produk kepada user

Bertujuan untuk menciptakan user sebagai konsumen yang pintar

Layanan yang ditawarkan

Informasi tentang produk dan jasa

Perbandingan atau komparasi terhadap suatu produk tertentu

Value proposition

Kuantitas database yang sangat besar

Opini tentang produk tertentu dari berbagai macam pihak yang dapat dipertanggungjawabkan

  • Empat Peran Four Interermediaries

    a. Wholesaler (pedagang besar)

    Pedagang besar dapat didefinisikan sebagai perusahan perantara (intermediary) yang menghubungkan produsen dengan pedangan eceran. Perusahaan ini membeli barang dari produsen dalam jumlah yang cukup besar dan menjualnya kembali pada para pengecer. Umumnya pedagang besar tidak berhubungan langsung dengan para konsumen. Penjualan pada konsumen hanya merupakan kegiatan sampingan dan biasanya berlaku atas inisiatif konsumen. Penjualan kepada konsumen merupakan sebagian kecil dari keseluruhan nilai penjualan.

    Dalam pendistribusian barang, pedangang besar memberikan sumbangan penting kepada produsen maupun pedangan eceran. Bagi produsen, pedagang besar dapat mengurangi biaya pendistribusian, waktu untuk memasarkan barang, dan administrasi pemasaran. Bagi pengecer, pedagang besar membantu dalam melakukan penjualan dengan kuantitas yang terbatas, dapat menyediakan barang dengan cepat apabila diperlukan dan adakalanya memberi kredit pada para pengecer.

    b. Retailer (pedagang eceran/pengecer)
    Pedagang eceran adalah perusahaan yang menjual barang yang diproduksi pihak lain dan berhubungan langsung dengan konsumen. Perusahaan ini membeli berbagai jenis barang dalam kuantitas atau jumlah yang terbatas dan menjual barang-barang tersebut langsung pada para konsumen. Pedangang eceran biasanya melakukan kegiatannya dengan memamerkan barangnya di toko yang dimiliki atau disewanya. Dengan cara ini para pembeli dapat melihat secara langsung berbagai jenis barang yang ditawarkan. Kepemilikan dan modal perusahaan pengecer sangat berbeda sekali. Kebanyakan perusahaan yang melakukan usaha eceran mrupakan perusahaan perseorangan atau perkongsian dengan modal relatif terbatas. Perusahaan pengecer seperti ini biasanya didirikan untuk menyediakan jasa kepada pelanggan yang tinggal di sekitar tempat di mana toko pengecer tersebut didirikan. Dengan demikian jumlah pelanggannya terbatas dan barang yang dijualnya juga terbatas.

    Perusahaan pengecer yang besar biasanya berbentuk perseroan terbatas (PT), menggunakan modal yang besar dan melakukan kegiatan mengecer barang secara besar-besaran. Perusahaan seperti ini biasanya beroperasi di pusat kota atau di pusat pertokoan dari suatu kawasan yang relatif besar. Jenis-jenis perusahaan pengecer seperti ini adalah hypermarket (Carrefour, Giant), department store, dan supermarket.

    c. Agent/broker (agen pemasaran)

    Agen pemasaran adalah perusahaan-perusahaan yang berhubungan langsung dengan produsen dan bertugas ebagai perusahaan yang membantu menjual barang atau jasa yang dihasilkan produsen. Akan tetapi dalam kegiatan penjualan agen pemasaran juga seringkali berhubungan langsung dengan konsumen. Contoh perusahaan yang sering bertindak sebagai agen pemasaran adalah agen real estate, agen tiket penerbangan atau agen tiket alat pengangkutan lainnya (kereta api, bus antarpropinsi, dan perkapalan), agen penjual produksi industri pengolahan atau produk pertanian.

    Perbedaan penting antara agen pemasaran dengan pedangan besar dan pengecer adalah dalam kepemilikan dan penjualan barang yang dipasarkannya. Agen penjual tidak membeli dan memiliki barang yang dipasarkannya. Agen penjual/pemasaran bertindak sebagai promotor dan menerima pesanan dari pelanggan untuk barang yang diageninya. Untuk jasanya ini agen penjualan akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah unit yang dijualnya atau nilai transaksi penjualan.

    Pada Jaman Internet Peran Intermediaries akan menghilang ?
  • Pro-nya : Perusahaan bisa menggunakan teknologi Internet dalam berbisnis untuk secara redikal menggurangi biaya transaksi, yang didalamnya mengandung biaya pencarian untuk para pembeli dan penjual, mengumpulkan informasi produk, penawaran harga, penyusunandan pengiriman kontrak dan pengiriman barang-barang. Kontranya : Jika Perusahaan melakukan bisnis tampa peran Intermediaries akan membuat customer gampang berpindah-pindah produk (barang dan Jasa).
  • Istilah –Istilah yaitu :
  • Standar komunikasi antarkomputer ini disebut dengan istilah protokol. Kumpulan dari beberapa aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara beberapa alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar. Protocol adalah yang menspesifikasikan secara detail bagaimana komputer berinteraksi, termasuk didalamnya format pesan yang mereka tukar dan bagaimana kesalahan ditangani. Hubungantelekomunikasi mencerminkan banyak aspek dari protokol dalam arti diplomatik, beberapa sinyal diubah dengan mengirim dan menerima perangkat, misalnya, diistilahkan dengan
  • Internet : Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.
  • Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk Ipv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk Ipv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/I
  • Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan computer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
  • DNS (Domain Name Server) adalah sebuah server atau mesin yang bertugas seperti server atau mesin lainnya di dunia internet namun memiliki tugas yang lebih spesifik untuk mengatur domain nameTujuan dari DNSini adalah untuk mentranslasikan domain mane (alamat di internet) ke dalam IP Address (kodepos). DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.
  • Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web situs Internet salah satunya adalah IndoGlobalWeb yang menawarkan jasa WebHosting Terbaik.

  • Database layer,merupakan lapisan yang di dalamnya berisi data-data pendukung dari aplikasi atau yang dipakai.Misalnya, data tentang karyawan suatu perusahaan biasanya disimpan dalam sebuah aplikasi pada bagian database(database layer).

  • Perbedaan mendasar Business to business (B2C) dan Business-to-counsumere (B2C) yaitu B2B menjual barang dan jasa secara elektronik antar bisnis sedangkan B2C menjual produk atau jasa secara elektronik secara langsung kepada konsumen individu.
  • Dari segi segmentasi B2C lebih kompleks, apalagi sudah menyangkut prilaku (bihavior) dan pisikografis. pada B2C strategi segmentasi sudah sampai tahap pisikografis yang memasukan unsur-unsur lifesyle, opini bahkan idiologi didalamnya. Sedangkan B2B penggolongan pasarnya lebih simpel, seperti menggolongkan pasar atas jenis industri, ukuran perusahaan, lokasi dan lain-lain.
  • Dari segi harga B2C berfokus kepada keunggulan pelayanan sedangkan B2B berfokus kepada keunggulan produk dan harga yang kompetitif.


1 comment:

Unknown said...

Ketinggalan jam tangan ga pa?....