Wednesday, August 27, 2008

KOMPLEK SITAS PRODUK INDUSTRI

Dari mulai pensil yang Anda pakai di kanor samapi operasi kunci putar untuk pembangkit tenaga listrik -prodak dan jasa industri sangat beragam dan kompleks sehingga hampir tidak mungkin untuk membuat pernyataan valid tentang semuanya secara universal. Peneliti di seluruh dunia telah mengembangkan tipologi berbeda untuk mengurangi besarnya kompleksitas. Secara umum, pasar bisnis dapat dipilih menjadi pasar berikut ini :

  • Material dan suku cadang, misalnya bahan mentah, matrial babrikasih, dan suku cadand
  • Barang modal, misalnya bangunan/peralatan yang digunakan dalam produksi/operasi pembeli
  • Pasokan dan jasa, misalnya pasokan operasional , item perbaikan/pemeliharaa
Tipologi ini sangat berguna jika Anda ingin menyederhanakan issu yang rumit dan masih mencakup banyak hal.

Banyak manajer setiap hari berjuang keras memimpin dan memotivasi beberapa orang. Banyak CEO bergumul untuk memeras kinerja rata-rata dari perusahaan yang besarnya hanya sebagian ukuran GE.

Hasil dari kompleksitas yang sangat besar dalam produk industri adalah proses pembelian sering kali memerlukan pakar berkualitas dari kedua belah pihak. Sebaliknya pembelian barang konsumsi biasanya dapat diseelesaikan dengan sedikit bahan tampa keahlian.Berbeda dengan barang-barang konsumsi yang sering kali terstandarnisas, prodak industri cenderung menjadi solusi individu yang memerlukan kesesuaian tingkat tinggi. Dalam banyak kasus, mereka bahkan harus mengintegrasikan kesistem yang lebih besar dan sekali lagi memerlukan persyaratan yang sangat spesifikasi produk tertentu. Faktor-faktor ini berdampak besar pada cara pemasaran produk industri.

Sumber : Philip Kotler, Waldemar pfoertsch "B2B Brand management" hal 23-24

No comments: