Tuesday, August 26, 2008

SEARCHONOMICS

Era outsorcing atau disebut Era Alih Daya bakal merupakan ciri kental dalam dekade-dekade ini. Outsorcing akan menjadi pilihan banyak perusahaan menekan cost. Outsorcing akan memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus dalam menjalankan core dan bisnis objektifnya.
Tidak mengherankan jika saat ini akan lebih banyak peluang bisnis dibandingkan dekade-dekade sebelumnya seputar supply alih-daya dan juga e-broker . Perusahaan melakukan jasa outsorcing untuk memenuhi berbagai keperluan dan tujuan bisnis dengan mengunakan jasa konsultan atau provider lain diberbagai bidang industri, retail, dan business service.

Dari pada mendirikan satu departemen tambahan yang ujung-ujungnya akan lebih banyak menyita resource dan biaya maintenace serta akan mengacukan focus pada era yang serba kompetitif dan serbamahal ini, banyak perusahaan memilih untuk melakukan alih -daya ke pihak lain setelah melakukan evaluasi sumber daya internal ataupun eksternal.

Karena hal inilah Andrew Goodman pada tahun 2000 melakukan istilah searchonomics. Media atau chennel apa yang paling disukai banyak orang dalam kegiatannya untuk mencari berbagai macam info dan produk pada era informasi ini ? Tidak lain dan tidak bukan, mereka akan lebih menyukai menggunakan situs pencari seperti Google, Yahoo, atau MSA. Dengan adanya koneksi internet, orang menjadi semakin dalam urusan cari-mencari.

Searchonomics telah banyak membantu individu meraih kebebasan finansial dan bekerja dimana saja dan kapan saja, membuat perusahaan kecil terlihat besar, menghasilkan netpreneur dengan modal minim atau hanya dengan modal know-how tampa modal fisik tau jadi perantara saja (brokership) , investasi dengan return lebih cepat, penghematan dal;am promosi dan branding membuat produk atau bisnis mereka mudah dicari oleh calon pembeli.

Mengingat sangat membantunya situs pencari dalam memuaskan rasa dahaga akan pencaharian, entah untuk kepentingan bisnis atau gaya hidup, mereka melirik mesin pencari sebagai fullfilment-nya. Gampangnya, Searchonomics menyiratkan ekonomi yang didasarkan pada melakukan pencaharian.

Sumber : Bob Julius Onggo " Google, The Smart Side of Internet Public Relation (Bagaimana Strategi Mengomunikasikan Brand dan Produk Anda dengan Sangat Efektif, hal 138-140

1 comment:

Carol M Sinambela said...

saya setuju seberapa dahaganya anda pada waktu menggunakan search engine.. for 3gp