Monday, August 25, 2008

PENCERAHAN PEMASARAN :

MENGGUNAKAN DATA UNTUK BEKERJA DENGAN PERANGKAT LUNAK INTEGRASI BISNIS

Pada Tahun 1990-an, perusahaan menghabiskan jutaan dolar untuk menginstal basis data dan gudang data raksasa, kemudian mengeluarkan banyak dolar lagi untuk konsultan yang berupaya untuk menggunakannya. Sekarang pengecer besar umumnya memiliki nilai informasi yang disimpan sebesar 80 terabytes-setara dengan 16 juta foto digital atau 320 mil rak buku. Wal-Mart memiliki gudang data yang menghebohkan sebesar 295 terabytes.

Namun, data itu bernilai kalau bisa digunakan. Seperti dikatakan seorang analis, " Sama seperti memiliki rekening bank dengan jutaan dolar di dalamnya, tapi tidak ada kartu ATM. Jika anda tidak bisa mengambilnya dan tidak bisa membuatnya berfungsi untuk anda, maka sesungguhnya tidak bermanfaat." Perangkat lunak Integrasi Bisnis (BI-Business Integration) dirancang untuk menganalisis dan menginterpretasi jumlah besar data. Aplikasi BI umumnya menarik informasi keluar dari basis data raksasa dan menempatkannya dalam "pasar data" - kelompok lebih kecil dari informasi yang serupa. Menguraikan data dengan cara ini membantu untuk lebih mudah dan lebih mnyeluruh menyerap informasi ke dalam organisasi.

Perhatikan bagaimana caranya perangkat lunak integrasi bisnis memungkinkan Ben&Jerry's memantau satu pint es krim dari tempat pembuatannya sampai ke tangan konsumen.
Di kantor pusat Ben&Jerry's di Burlington, Vermont, setiap pint es krim diberi cap pabrik, dan nomor tracking-nya dimasukkan dalam basis data Oracle. Dengan menggunakan perangkat lunak Business Object, tim penjualan selanjutnya dapat melihat citra rasa mana yang paling laku (Cherry Garcia adalah cita rasa yang paling lama bertahan). Departemen pemasaran dapat mengecek untuk melihat apakah pesanan-pesanan online menuntut sumbangan amal tambahan.
Orang keuangan mampu mencatat penjualan dan menutup buku mereka lebih cepat. Bagian urusan konsumen dapat mencocokkan pint dengan sekitar 225 panggilan telepon dan e-mail yang diterima perusahaan setiap minggu untuk memastikan bahwa tidak ada masalah sistematik dengan unsur-unsur tertentu mana pun.

Perangkat lunak BI tampaknya relatif murah dan nyaman untuk diinstal, dan hasilnya bisa cepat dilihat. The Sesame Workshop menginstal perangkat lunak musim libur tahun 2003 untuk menelusuri boneka elmo-nya dan mampu memangkas pengembalian pesanannya sebanyak sepertiga. Red Robin Gourmet Burger, jaringan dengan 196 lokasi,menggunakan perangkat lunak BI untuk menyelaraskan pemasaran dan operasinya. Ia mengalami pemborosan ribuan dolar untuk saus yang tidak digunakan. Staples lama memanfaatkan ruang untuk mebel margin tinggi. Pada BI, ia menemukan bahwa barang-barang kecil lebih mampu menghasilkan laba. Keberhasilan inilah yang menjadi sebab mengapa pasar untuk perangkat lunak integrasi bisnis diharapkan mencapai $ 7,5 miliar pada tahun 2006.

No comments: